Baca Dulu

Informasi Tentang Misteri ,Cinta ,Unik, Tips lainnya.

Penemuan Anak Sma ini , Kini Deteksi Borak Hanya Dengan Tusuk Gigi



atas
Penemuan Anak Sma ini , Kini Deteksi Borak Hanya Dengan Tusuk Gigi - Boraks merupakan senyawa kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh yang dapat mengembangkan, memberi efek kenyal pada sesuatu bahan yang dicampur dan dapat membunuh mikroba. Boraks ini sering menjadi solusi bagi para pedagang jahat yang ingin dagangannya laku keras yang biasa digunakan pada makanan (ZTM) pada bakso, tahu, mie, bihun, kerupuk, maupun lontong. Dengan campuran boraks pada bahan makanan ini sangat tidak ada ditoleransi (tidak boleh ada dalam kadar berapapun.) Dikarenakan sangat berbahaya bagi kesehatan, oleh sebab itu penggunaan boraks dilarang (tidak ada standar kadar boraks dalam makanan) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).



Saat ini Makanan yang mengandung boraks banyak beredar di pasaran dan meresahkan masyarakat. Namun, tidak banyak masyarakat yang bisa dengan mudah mengetahui yang mana makanan mengandung bahan kimia berbahaya tersebut. Selama ini, mendeteksi bahan kimia yaitu boraks pada makanan terbilang sangat tidak praktis dan efektif, karena untuk mendeteksi bahan tersebut harus melalui tes dan uji laboratorium yang memakan waktu cukup lama, bahkan hingga berminggu-minggu.

Dan kini, deteksi boraks dapat dilakukan dengan mudah, praktis, dan cepat. Dengan menggunakan alat yang bentuknya mirip tusuk gigi yang diciptakan anak sma ini kita dapat mendeteksi boraks pada makanan yang bisa dilakukan kapan pun dengan hanya membutuhkan waktu 5 detik, tanpa harus melalui uji di laboratorium. Saat ingin menyantap makanan ada baiknya kita membaha selalu alat hebat penemuan anak bangsa ini .


Dua siswi SMAN 3 Semarang, yaitu Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila

Penemuan hebat ini diciptakan oleh dua siswi SMAN 3 Semarang, yaitu Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila. Karena penemuan mereka ini mereka menamakan alat tersebut dengan nama SIBODEC (Stick of Borax Detector). Dengan tusuk gigi itu, siapa pun dapat dengan mudah mengetahui apakah suatu makanan mengandung boraks, hanya dengan menusukkan tusuk gigi ke sampel makanan yang akan diuji.

Selain mudah penggunaan pada alat ini dan sangat mudah menyimpulkannya pada makanan yang mengandung boraks . Bila terjadi perubahan warna pada tusuk gigi tersebut menjadi merah, berarti sampel makanan yang diuji positif mengandung boraks. SIBODEC ini telah dilengkapi dengan bahan kimia tertentu yang memang hanya sensitif jika terkena bahan kimia boraks ini.



Berkat penemuan hebat ini mereka berdua mendapat penghargaan Lewat inovasi tusuk gigi pendeteksi borak itu, Dayu dan Luthfia berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak muda tingkat dunia.

Bagaimana Menurut anda hebat bukan ??

bawah
0 Komentar untuk "Penemuan Anak Sma ini , Kini Deteksi Borak Hanya Dengan Tusuk Gigi"

 
Copyright © 2014 Baca Dulu - All Rights Reserved
Template By Catatan Info